Kamis, 18 Juni 2009

ARTIKEL TENTANG PANTAI TAKISUNG DAN DAMIT


  • PANTAI TAKISUNG



Pantai Takisung letaknya disebelah Barat Kabupaten Tanah Laut. Berjarak kurang lebih 22 km dari kota pelaihari atau kurang lebih 87 km dari ibu kota kalimantan selatan ( Banjarmasin ). Di sepanjang pantai terdapat rona alam yang terlihat indah, seperti Kawasan pantai, hutan mangrove dan persawahan pasang surut serta ada beberapa perumahan yang berada di pesisir pantai tersebut.




Kondisi di pantai Takisung sangat memperhatinkan karena banyaknya timbunan lumpur di sepanjang pantai,serta ranting - ranting pohon yang berserakan ,kondisi seperti ini sangat mempengaruhi kualitas pantai. lumpur disepanjang pantai dapat menyebabkan kekeruhan pada air laut hal ini berakibat buruk untuk ekosistem yang ada di laut. Padahal pantai Takisung ini dijadikan objek wisata tetapi sangat disesalkan tidak dirawat dengan baik.
Di pantai Takisung sering terjadinya abrasi dimana terjadi fluktasi tiap tahun nya. Abrasi terjadi karena tidak ada yang mampu menahan hantaran gelombang dating dari laut selain terumbu karang, sedangkan di pantai Takisung tidak terdapat trumbu karang, bahkan pohon bakau yang terdapat di sekitar pantai tidak dapat menahan gelombang besar karena jumlah pohon bakau yang begitu sedikit. Sehingga di buatlah siring tetapi itupun di daerah tertentu saja, tidak sepanjang pantai. Jika Abrasi ini dibiarkan begitu saja lambat laun abrasi ini akan meluas.
Penduduk disana kebanyakan mata pencarian nya sebagai nelayan ada juga yang bertani ataupun beternak. disana pertanianya menggunakan sawah tadah hujan,yang dimana kalau terjadi air laut pasang maka, sawah mereka akan gagal. Pertenakan disana kebanyakan bertenak sapi dan kambing. Salah satu penduduk yang kami datangi untuk wawancara, beliau untuk mencari nafkah dengan mengolah ikan yang ditangkap oleh nelayan menjadi ikan asin, yang kemudian setelah diolah menjadi ikan asin, ikan asin tersebut akan dijual dipasar.



Salinitas merupakan larutan garam yang terkandung dalam air/fluida yang dapat mempengaruhi kualitas air. Air dengan larutan garam yang tinggi akan tidak baik untuk sistem irigasi ataupun kebutuhan air bersih masyarakat. salinitas air laut yang terdapat di pantai Takisung yaitu kurang lebih mencapai 30 %, artinya salinitas air lautnya tinggi. Salinitas sangat berpengaruh terhadap kesehatan mkhluk hidup. pH air lautnya 9 yaitu dalam keadaan basa pengukuran pH ini menggunakan alat soiltester dan untuk kecerahan air yang diperoleh dari observasi dengan keping saci adalah 32 cm,serta hasil untuk kecepatan arusnya yang didapatkan dengan menggunakan floumeter selama 3 menit adalah 1927.
Sangat disayangkan air laut di Takisung ini,tidak bisa dimanfaatkan secara langsung untuk mengaliri sawah para penduduk yang kekeringan sebab kalau itu dilakukan akan merusak lahan pertanian karena air tersebut mempunyai tingkat kadar garam yang tinggi, sehingga sawah disana menggunakan sawah tadah hujan,tetapi walupun tanah yang ditumbuhi sawah itu kering, tetapi sawah tersebut tumbuh dengan subur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar